Article

Tips Menjalankan Arisan Emas

GMIClub.com – Arisan Logam Mulia saat ini sedang diminati oleh masyarakat sebagai alternatif dari berinvestasi logam mulia dengan cara mencicil dan terjangkau. Jika anda tertarik untuk mengikuti salah satu arisan logam mulia yang ada di wilayah anda, ada beberapa tips yang harus diperhatikan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Benahi Niat
Selain sebagai jalan untuk berinvestasi, arisan juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahim. Sebelum mulai mengikuti arisan apapun, benahi niat anda dan teman-teman yang ingin mengikuti arisan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Karena, biasanya masalah uang ataupun barang berharga akan sangat sensitif dan dapat menjadi pangkal perselisihan. Diskusikan syarat dan ketentuan yang sejelas dan sedetail mungkin bersama kelompok arisan anda.

2. Tentukan Berat Logam Mulia yang Diinginkan
Jika anda ingin mengikuti arisan logam mulia, berapa gram berat logam mulia tersebut dan berapa uang arisan yang mampu anda bayarkan setiap bulannya? Jangan sampai, anda ingin ikut Arisan Logam Mulia seberat 25 Gram, sementara sebenarnya anda hanya mampu menyisihkan uang setiap bulan untuk membayar arisan logam mulia seberat 10 Gram.

3. Pilih Arisan Logam Mulia yang Terpercaya
Apakah arisan logam mulia yang anda ikuti itu diadakan oleh lembaga atau perorangan yang betul-betul anda percaya atau anda ketahui kualifikasinya? Ada berapa banyak anggota yang pernah mengikuti arisan di tempat tersebut sebelumnya, apakah pernah ada permasalahan di arisan logam mulia yang pernah diadakan oleh tempat atau perorangan tersebut?
Panitia atau pemegang arisan haruslah orang yang bisa dipercaya. Hal ini sangat penting untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan seperti penipuan, mogoknya arisan, dan hal-hal tak diharapkan lainnya. Selain itu, peserta arisan juga harus diseleksi betul-betul. Jika seseorang punya rekam jejak yang kurang baik, lebih baik hindari melibatkannya dalam kegiatan arisan seperti ini. Cari tahu dulu sejelas mungkin, sebelum menyesal di kemudian hari ya ..

4. Disiplin
Mengikuti arisan, pada prinsipnya tidaklah sama seperti jika anda menabung untuk membeli logam mulia. Keduanya memang sama-sama mengharuskan anda untuk menyisihkan sejumlah uang setiap bulan untuk memiliki logam mulia di akhir waktu yang telah ditentukan. Namun, dalam menabung, uang yang disisihkan setiap bulan tidak ditentukan jumlahnya. Anda bisa menyisihkan seratus ribu rupiah di bulan ini, namun kemudian di bulan berikutnya anda memiliki rejeki lebih dan ingin menyisihkan sebesar dua ratus ribu rupiah misalnya. Berbeda halnya dengan arisan. Dalam arisan, anda diwajibkan menyisihkan uang dalam jumlah tertentu setiap bulan untuk membayarnya. Jadi, jadikan disiplin sebagai kunci utama ketika anda mengikutinya agar lebih memudahkan anda.

5. Sabar
Siapa peserta arisan yang akan menang di bulan pertama, kedua, ketika dan selanjutnya, semuanya ditentukan oleh system yang dibuat oleh penyelenggara arisan tersebut. Bisa melalui kocokan manual seperti kebanyakan arisan yang diadakan di masyarakat, atau melalui system kocokan yang ditentukan dengan menggunakan komputer. Bisa jadi anda menang di bulan pertama, namun tak menutup kemungkinan justru nama anda keluar di kocokan terakhir. Itu sebabnya diperlukan kesabaran yang tinggi ketika mengikuti arisan sehingga ketika nama anda keluar di akhir, anda tidak merasa kecewa di kemudian hari.

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian ya. Dapatkan kemudahan mengikuti arisan logam mulia dengan layanan Arisan LM (Logam Mulia) dari GMI Club. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang arisan logam mulia ini di artikel lainnya (Redaksi).